Berapa Sih Konsumsi BBM Alat Berat Per Jam?

konsumsi-bbm-alat-berat-per-jam

Kalian semua pasti pernah melihat alat berat kan, mungkin proyek atau di jalanan. Mungkin ada juga disini yang pernah sewa alat berat disini. 

Seperti yang kalian tau, ada banyak sekali macam-macam alat berat yang biasa digunakan untuk berbagai jenis proyek. Nah, kalian pasti penasaran berapa sih konsumsi BBM alat berat per jam?

Tenang aja pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal tersebut, tapi sebelum itu kita akan bahas dulu tentang bahan bakar yang digunakan oleh alat berat.

Ada alat berat mesin solar dan juga mesin bensin. Masing-masing mesin tersebut memiliki keperluan bahan bakar yang berbeda-beda.

Dalam setiap perencanaan sebuah proyek yang menggunakan alat berat konsumsi BBM harus dihitung dan disesuaikan dengan jumlah anggaran. Konsumsi BBM alat berat harus dihitung per jam nya.

Menggunakan alat berat sebagai alat transportasi dan pengangkut barang mengharuskan pekerja konstruksi juga memikirkan mengenai berapa banyak penggunaan BBM setiap pengerjaan satu proses konstruksi. 

Hal tersebut membutuhkan penghitungan yang tepat agar tidak terjadi kesalahan dan penghentian kerja alat berat. Nah yuk langsung aja simak penjelasan lebih dalam tentang konsumsi BBM alat berat per jam.

Truk dan Alat Berat Dilarang Menggunakan BBM Bersubsidi

Kalo kamu adalah salah satu orang yang memiliki usaha atau bisnis di bidang proyek yang menggunakan alat berat kamu harus ketahui peraturan berikut ini.

Dikutip dari Sindonews.com bahwa tedapat 3 alat berat milik PT. Limas Anugrah Steel (LAS) Surabaya yang disita kepolisian gara-gara menggunakan BBM bersubsidi, tiga alat berat milik Perusahaan bergerak di bidang konstruksi baja ini diduga menyalahgunakan BBM bersubsidi.

Sebenernya truk dan alat berat itu diharuskan menggunakan BBM solar non subsidi, hal ini dilakukan akan BBM yang bersubsidi itu tepat sasaran. 

Jadi jangan sampai baik individu, instansi, lembaga atau perusahaan yang harusnya menggunakan BBM non subsidi malah menggunakan BBM bersubsidi, jadi salah sasaran kan.

Ada beberapa jenis kendaraan yang dilarang oleh pemerintah menggunakan bahan bakar minyak bersubsidi, contohnya kendaraan pengangkutan hasil perkebunan, pertanian, pertambangan dan kehutanan, dengan jumlah roda lebih dari empat baik sedang bermuatan atau tidak.

Selain itu alat berat pun termasuk dan juga kendaraan berplat merah juga dilarang oleh pemerintah menggunakan bahan bakar minyak bersubsidi.

Kita Bahas Dulu Tentang BBM Ya!

Kita bahas tentang BBM secara umum yaa. Apa yang kalian ketahui tentang ketidakstabilan harga BBM di Indonesia? 

Ketidakstabilan harga BBM di Indonesia terjadi karena perkembangan harga minyak yang terus melonjak. Hal ini sangat dikhawatirkan akan membawa pengaruh terhadap kehidupan dalam berinvestasi.

Jika kita berpikir menggunakan logika dasar, subsidi pemerintah terhadap BBM akan semakin meningkat juga, loh kok gitu? Meskipun negara kita merupakan penghasil minyak, namun faktanya untuk memproduksi BBM saja Indonesia masih membutuhkan impor bahan baku minyak juga. 

Dengan tidak adanya kenaikan BBM, subsidi yang harus disediakan pemerintah juga semakin besar. Maka dari itu kita jika memang mampu menggunakan BBM non subsidi, jangan justru mengambil hak orang yang seharusnya menggunakan BBM subsidi.

Jenis BBM Yang Digunakan Alat Berat

Seperti yang sudah dijelaskan tadi umumnya alat berat itu menggunakan bahan bakar diesel/solar atau biodiesel. Sangat jarang ditemukan alat berat menggunakan bensin. Kita akan bahas satu persatu  tentang jenis BBM yang digunakan alat berat.

Diesel/Solar

Mengapa kebanyakan alat berat menggunakan bahan bakar solar? Jawabannya adalah karena mesin yang digunakan adalah mesin diesel. Terus kenapa yang digunakan adalah mesin diesel? Nah begini penjelasannya.

Rata-rata alat berat mulai dari truk hingga crane umumnya bermesin diesel dan berbahan bakar diesel. Mesin diesel memiliki torsi yang besar sehingga mempermudah untuk mengangkut atau menarik barang berat sehingga lebih efisien, dan juga bisa lebih irit bahan bakar dibanding mesin bensin.

Mesin diesel menggunakan bahan bakar solar, nah sederhananya seperti ini satu liter solar pada mesin diesel akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan satu liter bensin pada mesin bensin. Kenapa? Karena proses pembakarannya yang berbeda.

Biodiesel

Nah untuk biodiesel sendiri, dikutip dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta, bahwa bahan bakar biodiesel atau biosolar sudah aman untuk mesin, mulai dari alat berat hingga kereta api. 

Pemerintah sudah mewajibkan biodiesel 20% atau B20 untuk semua sektor mulai dari industri, pertambangan, hingga transportasi. Jadi buat kamu yang memiliki usaha atau bisnis yang berkaitan dengan alat berat, sudah ada alternatif bahan bakar yaitu biodiesel.

Biodiesel 20% atau B20 ini sangat aman digunakan untuk mesin sepanjang pengolahannya sesuai standar yang diterapkan. Jadi nanti pemerintah akan mengeluarkan dan menetapkan SOP untuk prosedur pengolahan biodiesel.

Norma Penggunaan BBM

Menggunakan BBM juga memiliki norma tersendiri, maksudnya apa? Maksudnya adalah jumlah kebutuhan BBM yang digunakan oleh unit kendaraan, alat berat, dan mesin sesuai dengan kebutuhan estimasi KM/Jam operasional/HM kendaraan atau alat berat.

Disini kita akan belajar sedikit bagaimana cara menghitung jumlah BBM yang digunakan oleh alat berat sesuai dengan kebutuhan estimasinya.

untuk alat berat atau secara perhitungan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk perhitungan biaya per HM alat berat biasanya dapat dihitung seperti penjelasan berikut:

0,125 s/d 0,175 Liter/ HP/Jam x Pw 

Pw = Horsepower (Tenaga) Mesin Alat Berat

sedangkan pelumas dihitung  0,01 s/d 0,02 Liter/ HP/Jam x Pw 

Atau dapat dihitung sebagai berikut :

Dengan perkiraan penggunaan bahan bakar tergantung daya mesin 

Mesin bensin : keperluan bahan bakar 0,06 gal = 0,23 Liter/fwHP Jam

Mesin diesel : 0,04 gal = 0,15 liter /fw HPJam

Bensin : BBM = 0.06 x HP x eff

Solar : BBM = 0.04 x HP x eff

Rumus pemakaiaan pelumas per jam

Keterangan: 

q : Kebutuhan minyak (gallon/jam)           

HP : Daya mesin ( tenaga kuda )

C : Kapasitas bak karter ( galon)

t : waktu pemakaian ( jam )

Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Bahan Bakar

Nah setelah kamu udah mengetahui gimana cara menghitung bahan bakar untuk alat berat agar sesuai dengan kebutuhannya, kamu juga harus tau beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Simak penjelasan berikut ini.

Kecepatan

Pada kecepatan konstan 40 – 50 Km/Jam , kendaraan atau alat berat kira-kira hanya akan menggunakan < 40% power dari mesin, sedangkan jika naik lebih kecepatan maka dengan sendirinya tenaga yang dikeluarkan naik > 40%.

Nah pengaruh perubahan atau pergantian kecepatan pada sebuah kendaraan atau alat berat dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakarnya, jadi kamu harus kasih edukasi ke operator alat berat dan juga supir agar memperhatikan kecepatan berkendara.

Faktor Teknis

Faktor teknis juga merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar kendaraan atau alat berat. 

Selain mempengaruhi penggunaan bahan bakar, faktor ini sangat berpengaruh dan mempengaruhi kinerja mesin, mulai dari segi pemeliharaan rutin unit kendaraan, berkala , umur kendaraan, kondisi mesin yang tidak standar (seperti kompresi bocor, saringan udara kotor, busi tidak bagus, penggunaan aksesoris yang tidak wajar, AC, sistem pengorperasian dashborad dan lain-lain).

Konsumsi BBM Alat Berat Per Jam

Nah sekarang bagian intinya nih, tadi kan sudah dijelaskan alat berat dengan mesin diesel atau solar, ada juga alat berat yang menggunakan mesin bensin. 

Masing-masing mesin tersebut memiliki kebutuhan bahan bakar yang pastinya berbeda. Untuk alat berat yang berbahan bakar bensin biasanya memerlukan sekitar 0,23 liter / fwHP jam. 

Sedangkan, untuk alat berat yang berbahan bakar solar memerlukan sekitar 0,15 liter / fwHP jam. Begitu juga dengan daya mesin alat beratnyat. Ketika alat berat sedang dalam keadaan diam atau menunggu, daya yang dihasilkan relatif kecil.

Salah satu contoh untuk mengetahui konsumsi bbm alat berat per jam yaitu, alat berat yang berdaya 150 fwHP memerlukan waktu mengeruk sebanyak 5 detik dengan lama waktu yang dibutuhkan dalam satu siklus sebesar 20 detik. 

Setelah itu alat berat hanya menggunakan daya sebesar 0,5 dari daya maksimal. Alat berat ini hanya bekerja selama 50 menit dalam satu jamnya. Sehingga, pemakaian bahan bakar selama satu jam bisa menggunakan perhitungan dengan menambahkan hasil faktor daya mesin saat mengeruk dan sisanya.

Untuk melakukan penghitungan penggunaan bahan bakar alat berat per jam tidak perlu dilakukan oleh para pekerja konstruksi. Karena sudah pasti pabrik pembuat alat berat telah membuat tabel penggunaan bahan bakar.

Kesimpulan

Ya itu lah penjelasan tentang perhitungan penggunaan bahan bakar alat berat per jam nya. Menarik bukan ternyata ada cara untuk mengetahui penggunaan bahan bakar yang efisien.

Setelah mengetahui jumlah BBM dari alat berat, ketahui juga merek-merek dari alat berat yang sering digunakan oleh orang-orang disini!