Kebutuhan Spare Part Alat Berat

Kebutuhan spare part untuk berbagai jenis alat berat

Ngomongin soal alat berat pasti nggak lupa juga kita bahas tentang spare part nya. Di dalam bidang konstruksi dan manufaktur yang disebut alat berat adalah alat yang digunakan untuk memudahkan manusia mengerjakan pekerjaan konstruksi sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai lebih mudah dan dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Penggunaan alat berat yang kurang tepat dengan kondisi dan situasi di lapangan akan mengakibatkan rendahnya aktivitas produksi, tidak tercapainya target sesuai jadwal yang telah ditentukan, atau kerugian akibat perbaikan yang tidak semestinya terjadi. 

Oleh sebab itu sebelum menentukan tipe dan jumlah peralatan yang hendak digunakan, kita perlu memahami jenis alat berat dan fungsinya untuk proyek konstruksi. Selain itu pastikan alat berat dalam kondisi yang prima, tidak ada spare part yang rusak atau bagian lain yang bermasalah.

Ya pada kesempatan kali ini kita akan membahas kebutuhan spare part untuk alat berat. Langsung simak aja penjelasannya berikut ini!

Ragam Dan Merk Spare Part Alat Berat Copotan Yang Tersedia

Ada beragam jenis merk spare part yang bisa kamu gunakan untuk alat berat yang kamu punya, itu semua tergantung spare part untuk bagian apa yang kamu butuhkan. Secara umum terdapat tiga part besar spare part pada alat berat. Berikut ini adalah 3 kategori spare part untuk alat berat.

Engine Part

Engine part adalah komponen dasar pada alat berat. Sebagian besar product engine pada alat berat adalah menggunakan engine diesel. Diesel power digunakan karena dapat menghasilkan tenaga yang besar. dalam penjelasan berikutnya adalah pengenalan apa saja alat alat yang terdapat pada Engine Diesel.

Electric System

Electric system sederhananya adalah rangkaian kabel yang digunakan pada alat berat untuk menghubungkan komponen dalam sistem elektrik atau kelistrikan yang meliputi 

Sehingga arus dari battery dapat mengalir dan sistem dapat bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing. Diameter kabel yang digunakan sesuai dengan besar arus yang mengalir,sedangkan untuk mempermudah menelusuri jalur kabel, maka warna kabel dibedakan atau di beri nomer angka sesuai sistemnya masing-masing.

Hydraulic Component

Pada hampir semua alat berat pasti ada yang namanya sistem hidrolik apa sih fungsinya? Fungsi dari sistem hidrolik ini adalah untuk mengubah tenaga fluida menjadi tenaga mekanik atau gerak. Berikut adalah beberapa komponen dari sistem hidrolik pada alat berat.

Berdasarkan sistem kerjanya silinder hydraulic terdiri atas Single acting Cylinder (silinder kerja tunggal) dan Double acting Cylinder (silinder kerja ganda).

Silinder Kerja Tunggal

Silinder ini disebut kerja tunggal karena pada penggunaan cairan hidrolik hanya pada satu sisi piston saja. Ketika rangkaian atau sistem hidrolik mulai bekerja maka cairan hidrolik masuk dan menekan dari sisi kiri sehingga torak bergerak ke kanan. 

Selanjutnya pergeseran piston telah mencapai posisi yang dikehendaki dan cairan hidrolik tidak ada tekanan lagi. Maka plunger kembali oleh adanya berat dari benda yang diangkat atau  digeser. 

Untuk pengembalian torak ke posisi semula ada juga yang dilengkapi dengan pegas pembalik. Pemakaian silinder kerja tunggal ini digunakan pada dongkrak atau alat pembengkok pipa, crane truck dan crane boom . Contoh dari silinder kerja tunggal ini adalah rod hydraulic, Rod ini memiliki satu ruangan zat cair serta mengeluarkan gaya dengan satu arah.

Silinder Kerja Ganda

Silinder kerja ganda ini merupakan aktuator sistem hidrolik yang paling banyak digunakan dalam peralatan bergerak belakangan ini. Silinder ini digunakan dalam pengimplementasian, pengemudian dan sistem lain dimana dibutuhkan silinder untuk melakukan kerja dalam dua arah. 

Ketika sistem mulai bekerja maka suatu waktu cairan hidrolik masuk dan menekan dari sisi kiri sehingga torak bergerak ke kanan, bersamaan dengan itu pada sisi kanan torak cairan hidrolik tertekan dan keluar dari dalam silinder selanjutnya masuk ke reservoir. 

Sebaliknya apabila menghendaki torak bergerak ke posisi semula (kiri) maka cairan hidrolik harus masuk dari sisi kanan torak, maka cairan hidrolik yang ada di sisi kiri torak akan bergerak keluar dari torak. Silinder kerja ganda ini dapat digunakan jika menghendaki gerakan bolak-balik seperti pada mesin perkakas. 

Reduction Component

Reduction komponen sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan hidrolik komponen. Bisa dibilang reduction component itu adalah bentuk mekanisme dari hidrolik sistem. Berikut adalah tiga reduction component.

Swing Reduction

Swing reduction dapat berputar sampai 360. Sistem gerakan ini adalah dengan menggerakan leher yang membuka katup pada Control Valves yang berisi fluida hidrolik sehingga mengalir ke Swing Motor sehingga hidrolik akan berputar dengan putaran tertentu.

Travel Reduction

Pergerakan travel reduction ini dibagi menjadi dua gerakan yaitu gerakan maju dan gerakan mundur yang digerakan oleh katup yang ada di Control Valves. Energi hidrolik dari pompa akan diubah lagi menjadi energi mekanis melalui Travel Motor. 

Gear Component

Digunakan sebagai penerus tenaga dan juga untuk menurunkan sumbu putar dari torsi converter menuju transmission. Pada beberapa alat berat, seperti Wheel Loader, memiliki dua buah differential yaitu differential depan dan belakang. 

Differential berfungsi untuk meneruskan tenaga menuju final drive dan memungkinkan roda untuk berputar dengan kecepatan yang berbeda. Penggunaan transfer gear dalam hal ini untuk membagi tenaga ke differential depan dan belakang, Tergantung posisi penempatannya. 

Merawat Alat Berat dan Spare Part 

Merawat alat berat dan spare partnya sudah menjadi sebuah keharusan jika alat berat yang kamu miliki ingin berumur lama dan awet. Merawat alat berat tidak sesulit merawat spare part, spare part alat berat harus dilakukan pengecekan secara berkala.

Kesimpulan

Nah itulah tadi informasi tentang kegunaan spare part pada alat berat. Semoga penjelasan pada artikel ini dapat menambah wawasan baru buat temen-temen semua dan semoga bermanfaat.

Baca juga informasi tentang Harga Sewa Alat Berat – Sewa Alat Berat Kalimantan